Kamis, 02 Februari 2012

TEKNIK DASAR BERMAIN BOLA BASKET

Tekhnik Dasar Bermain Basket :
1. Dribel Bola , maksudnya kita mendribble bola dengan tangan, nah yang digunakan untuk mendapatkan gerakan dribble yang sempurna cara kita memantulkan bola dengan jemari, gunakan atas telapak tangan yang juga mengenai jari-jari tangan, dan arahkan sesuai gerak bola, kecepatan pantulan juga sesuai dengan dorongan yang kita lakukan, jika kita dorong terlalu keras maka pantulan balik juga cepat, sebaliknya jika pelan maka kecepatan pantukan akan berkurang. Unatuk mensiasati atau melambatkan pantulan dari dorongan jari kita yang keras tadi, kita bisa menahan saja bola itu tanpa harus mendorongnya lagi.
2. Pivot, gerakan yang satu ini merupakan dasar dari bermain bola basket, dengan posisi bola yang masih ditangan ( mempertahankan bola ) dari lawan, dengan menggunakan gerakan badan,putaran kaki atau badan tersebut dapat diputar sampai 360 derajat, selama tidak bergeser kaki yang satunya.karena satu kaki sebagai tumpuan, atau poros, jika kedua kaki sama-sama bergerak maka akan terjadi pelenggaran.
3. Shooting, atau tembakan, mengguakan dua atau satu tangan , arahkan bola lurus sejajar pada ring dengan menumpukan bola pada satu tangan diangkat sejajar dengan telinga di atas pundak dan satu tangan sebagai menyeimbang, untuk hasil lemparan yang semurna gunakan jari-jari untuk mendorong bola. memang untuk pemula akan terasa berat dan sulit akan tetapi hasil gerakan bola akan maksimal.
4. Lay up, atau bisa disebut tembakan dengan melayang, dengan teknik tiga langkah terakhir, bisa kanan-kiri-kiri atau kiri-kanan-kanan, untuk posisi kaki.
5. Fade Away, atau disebut juga teknikyang mendorong badan kebelakang saat melakukan shoot, sehingga menyulitkan defender untuk menghadang bola.
6.Hook adalah Teknik dalam bermain basket dengan men shooting bola dengan menghempaskan tubuh kebelakang, cara ini sangat efektif bila si penjaga berpostur lebih tinggi daripada si pemegang bola.
7. Jump Shoot, adalah teknik menembakkan bola kedalam ring, dengan lompatan , semakin tinggi lompatan semakin bagus.
8. Slamdunk, seperti yang dilakukan tokoh kartun basket dunia si Hanamichi sakuragi, yang trkenal itu caranya dengan mencelupkan bola kedalam ring dan diakhiri dengan hempasan tangan yang kuat, ini sangat bagus jika pemain memiliki tinggi ideal pemain basket, kuarang lebih yang berpostur 180 keatas yang gampang melakukan teknik yang satu ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar